Senin, 30 Januari 2012

Kurikulum Teknik Informatika ITB

Pada tahun ajaran baru 2008/2009 ini ITB mulai menggunakan kurikulum baru. Kurikulum pendidikan di ITB diperbarui setiap 5 tahun. Kurikulum terakhir adalah kurikulum 2003 yang berakhir penggunaannya pada Agustus 2008 ini. Perubahan kurikulum mutlak dilakukan oleh sebuah institusi pendidikan guna menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pelaku usaha dan industri.

Kurikulum baru Informatika ITB telah dirancang sejak 2 tahun lalu oleh tim yang dibentuk Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB. Mengingat Informatika (IF) dan Elektro (EL) berada dalam satu fakultas (STEI), maka kurikulum IF dan EL saling berkaitan erat. Saat ini ada 2 program studi (Prodi) di STEI yaitu Informatika dan Teknik Elektro. Jika Senat Akademik ITB menyetujui pada bulan Agustus ini, maka akan ada penambahan 3 prodi baru yaitu Teknik Telekomunikasi (EC), Teknik Tenaga Elektrik (EP), dan dan Sistem & Teknologi Informasi (STI). Dua prodi pertama merupakan ‘pecahan’ dari teknik elektro (umum), sedangkan prodi terakhir adalah ‘pecahan’ dari Informatika ditambah dengan dukungan Kelompok Keilmuan (KK) Teknologi Informasi dari Teknik Elektro. Dengan demikian STEI ITB akan memiliki 5 program studi yaitu teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Teknik Tenaga Listrik, Teknik Informatika, dan Sistem dan Teknologi Informasi. Kurikulum kelima Prodi ini saling berkaitan dan sinergis. Sesuai dengan pola pendidikan khas di ITB, mahasiswa memilih program studi di fakultasnya setelah 1 tahun di TPB (Tingkat Pertama Bersama). Angkatan 2007 yang baru selesai menempuh TPB sudah bisa memilih salah satu dari lima prodi tersebut.

Yang menarik pada kurikulum baru IF kali ini adalah adanya pembagian dua jalur pilihan. Kami di Informatika ITB mendefinisikan Informatika adalah gabungan computer science dan software engineering. Jadi, rumus IF = computer scince + software enginnering sudah diterapkan sejak awal jurusan ini dibentuk. Mengingat ilmu keinformatikaan itu sangat lebar dan berkembang sangat cepat, maka mahasiswa IF perlu menentukan pilihan sub-bidang mana yang akan dia fokuskan. Dengan asumsi bahwa tahun ini Prodi STI disetujui, maka pada kurikulum baru 2008 ini ada dua jalur pilihan di IF yaitu Sains Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak. Jika Prodi STI belum disetujui, maka Sistem dan Teknologi Informasi menjadi jalur pilihan ketiga. Mahasiswa yang boleh memilih jalur pilihan adalah Angkatan 2006 dan sesudahnya, sedangkan Prodi (atau jalur pilihan) STI hanya boleh diambil oleh angkatan 2007 dan sesudahnya.

Mata kuliah pada tahun pertama adalah TPB. Semua mahasiswa ITB mendapat mata kuliah yang sama (khusus untuk mahasiswa fakultas STEI, ada dua mata kuliah ciri khas fakultas. Oh ya, mahasiswa STEI masih belum mempunyai Prodi pada tahap TPB ini).

Sumber: http://www.kampusvirtual.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor Campus News

free counters

DAFTAR SITUS PERGURUAN TINGGI

Perguruan Tinggi Negeri:

Institut – Sekolah Tinggi Negeri:

Politeknik Negri:

Universitas Swasta:

Institut – Sekolah Tinggi Swasta:

Politeknik Swasta:

Akademi Swasta: